Prodi KPI Gelar Pelatihan Penggunaan Google Classroom

kpi stain kepri

KEPRI – Program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) mengelar pelatihan penggunaan Google Classroom untuk para dosen, Selasa (15/9/2020). Menurut Plt. Ketua Prodi KPI, Abd. Rahman, kegiatan ini digelar karena pada semester ini STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau menerapkan perkuliahan secara daring. Oleh sebab itu, perlu alternatif penggunaan media untuk perkuliahan.

“Proses belajar semester ini telah diputuskan secara daring. Kami dari prodi KPI juga ingin mencari alternatif media belajar untuk mempermudah proses belajar dan juga pelaporan kegiatan belajar. Maka di KPI dipilih kombinasi penggunaan aplikasi Google Classroom, WhatsApp, dan Zoom untuk proses belajarnya,” kata dia.

Pemateri dalam kegiatan ini yakni Ahmad Fauzi, Dosen Ilmu Komputer dari prodi KPI di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Ia menerangkan, penggunaan Google Classroom merupakan salah satu alternatif untuk memudahkan proses belajar dan cocok untuk digunakan pada masa kuliah dari seperti ini.

“Saya telah membandingkan dengan beberapa aplikasi lain, menurut saya Google Classroom ini lebih enak. Dosen-dosen yang senior dan kurang paham dengan aplikasi juga lebih mudah menggunakannya bila di bandingkan dengan aplikasi seperti Edmodo, Kahoot ataupun lainnya. Dengan Google Classroom, mahasiswa tidak perlu daftar karena hampir semua orang punya email Google,” kata dia.

Menurut Fauzi, banyak fitur dari Google yang bisa dimanfaatkan atau dimodifikasi untuk keperluan proses belajar mengajar. Misalnya, untuk presensi, bisa mengombinasikan dengan Google Form dan bisa juga dipadukan dengan aplikasi lain yang sudah ada di Google. Untuk berbagi materi atau bahan ajar juga lebih gambang.

“Bapak ibu juga lebih gampang memantau tugas dari mahasiswa. Kita bisa setel waktunya dan nanti akan terlihat siapa saja yang mengumpulkan tepat waktu dan siapa yang lambat,” kata dia lagi. Fauzi juga berbagi tutorial penggunaan Google Classroom yang telah ia buat di kanal YouTube. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *